Sabtu, 05 Januari 2013

Apa itu Qatar Foundation?


Jersey Barcelona Musim 2011/2012
CULES BARCA - Tak perlu waktu lama untuk mengetahui sekilas tentang Qatar Foundation. Organisasi ini berada di urutan pertama halaman pertama index pencarian google ketika kita mengetik Qatar Foundation. Dan semua penjelasan tentang sponsor FC Barcelona ini sudah tertuang semua di sana. Kontraknya senilai kurang lebih Rp 2 triliun dengan Barcelona mungkin menegaskannya sebagai organisasi non-profit terkaya karena berani menggelontorkan 225 juta dolar "hanya" untuk iklan.

Qatar Foundation, terletak di Doha, Qatar, adalah sebuah lembaga independen, non-profit, yang didirikan pada 1995 oleh Sheikh Hamad Bin Khalifa Al-Thani, yang bertujuan untuk mendukung pengembangan sumber daya manusia, inovasi teknologi, dan membangkitkan kompetensi dan kualitas hidup masyarakat.

Misi Qatar Foundation (QF) adalah untuk menyiapkan masyarakat Qatar dan sekitarnya untuk menghadapi tantangan dunia yang terus menerus berubah, dan untuk membuat Qatar sebagai yang pemimpin dalam inovasi pendidikan dan penelitian.

Qatar ingin melangkah dari ekonomi yang berbasis karbon (minyak) menjadi berbasis pengetahuan dengan cara memaksimalkan potensi manusia. 

Didirikannya QF ini tak lepas dari jargon Visi Nasional Qatar 2030. Visi 2030 ini dimulai pada Juli 2008 yang pada intinya ingin membawa Qatar bertransformasi dari "negara karbon" menjadi negara yang berbasis pada pengetahuan. Kunci dari semua ini adalah meningkatkan sumber daya masyarakat Qatar untuk 20 tahun ke depan.

Visi Nasional 2030 ini memberikan mandat yang jelas untuk QF: menjadi "mesin" yang mendorong pengembangan manusia Qatar.

Tiga pilar QF adalah pendidikan, pengetahuan dan peneletian, dan juga pengembangan komunitas. QF ingin membangun sebuah tempat pendidikan kelas dunia, pengalaman kerja dan kesempatan kerja bagi kaum muda Qatar.

Dengan cita-cita Qatar ini, juga dengan kekayaan mereka yang seolah tak ada habisnya, menggelontorkan Rp 2 triliun untuk "iklan" di jersey Barcelona rasanya bukan suatu hal yang sulit. Atau bahkan terlalu murah, jika dikontrakan dengan filosofi Barca yang selama 112 tahun tak pernah mau memasang "iklan" di jerseynya.

Soal iklan di jersey ini sangat-sangat dikritik oleh legenda Barca Johan Cruyff. Tapi apakah bisa dibilang logo QF di jersey itu iklan, mengingat QF bukan perusahaan multinasional ataupun rumah judi macam BWIN? Iklan atau bukan, jelasnya Barca mendapat untung dari logo QF ini. (culesbarca.com/qf.org.qa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar